FAQ (TANYA JAWAB) TENTANG FASTRAVEL

Tanya jawab mengenai pendaftaran, aktivasi, deposit dan seputar transaksi.

FASTRAVEL merupakan penyedia layanan reservasi tiket pesawat,reservasi tiket Kereta api sekaligus bisnis pembayaran UBP utility bill payment atau PPOB. Memungkinkan Anda memiliki bisnis Tour travel dan layanan pembayaran PPOB dengan mudah,murah namun tetap memberikan penghasilan yang besar. Serta dalam pengembanganya akan segera di running bisnis hotel,car rental,umroh dan haji plus.

  1. Semua tiket pesawat domestik sudah dapat anda pesan di FASTFLIGHT mulai dari Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Citilink, AirAsia, Sky-Aviation, Merpati Airlines, Kalstar Aviation, Trigana, xpress Air, TransNusa dan Mandala Tigerair.
  2. Semua informasi harga tiket dan jadwal pesawat didapatkan secara real time dari sistem reservasi maskapai.
  3. Harga tiket, ketersediaan seat dan jadwal pesawat yang diinformasikan adalah valid pada waktu tersebut.
  4. Tiket promo akan selalu terup date setiap saat, dan dapat dengan mudah untuk ditemukan dengan system yang kami desain secara khusus di aplikasi fastflight yang mempunyai filter untuk menemukan harga termurah / promo pada seluruh jam penerbangan di semua maskapai.
  5. Terdapat layanan tambahan berupa produk Asuransi Perjalanan yang dapat di peroleh di aplikasi FASTFLIGHT. Asuransi tersebut bisa ditambahkan pada saat reservasi maupun langsung melakukan pendaftaran di menu yang telah kami sediakan, sehingga revenue/fee yang didapat tidak hanya diperoleh dari penjualan tiket melainkan juga didapatkan dari penjualan asuransi.
  6. Menyusul untuk layanan tiket Internasional.
  1. Fastflight, Software untuk reservasi tiket pesawat
  2. Fastkai, Software reservasi tiket Kereta Api
  3. FASTPAY, Transaksi pembayaran tagihan PPOB

Semua aplikasi tersebut dapat di jalankan sekaligus.

  1. Tak perlu biaya tinggi untuk memiliki bisnis Tour travel yang biasanya dari 3-25 juta di FASTRAVEL cukup Rp 350.000
  2. Reservasi tiket semua maskapai dan semua kereta dalam semua jurusan dan kelas
  3. Transaksi realtime online dan systematis booking/issued tidak memerlukan konfirmasi apapun dan dapat melakukan cetak tiket E-Tiket(untuk pesawat) dan Kereta Api secara mandiri.
  4. Dapat melakukan transaksi 24 jam full dengan harga yang selalu terupdate dari maskapai ataupun kereta Api.
  5. Tersedia fitur untuk menambah booking fee.
  6. Cukup dengan 1 Akun single deposit dapat di gunakan transaksi reservasi Tiket pesawat,tiket Kereta Api dan pembayaran PPOB.
  7. Akun 1 untuk selamanya tidak di perlukan perpanjangan karena tanpa expired dan tidak ada biaya tambahan apapun baik regristrasi ataupun setelah bergabung.
  8. Tidak di perlukan penanaman uang beku sebagai jaminan,semua saldo dapat di transaksikan sampai dengan Nol Rupiah.
  9. Fee transaksi selalu terbaik dan fair serta kompetitif dalam semua produk reservasi tiket ataupun PPOB dan Fee dapat di cek secara realtime Online. Dan Fee dapat di cairkan ke nomer rekening bank manapun.
  10. Tersedia tiket promo baik Pesawat ataupun Kereta Api.
  11. Dan banyak lagi keunggulan FASTRAVEL lainya segera daftar sekarang.
  1. Melalui website FASTRAVEL (www.fastravel.co.id) kemudian klik registrasi kemudian klik daftar pada pilihan paket Anda (Paket Gold memiliki keunggulan terlengkap dan komisi transaksi terbesar) atau silahkan klik disini dan daftar sekarang.
    • Pilih menu Registrasi lalu pilih paket
    • Tentukan pilihan paket Anda (Gold, Silver, Fastravel, Fastflight)
    • Isi data lengkap Anda kemudian klik DAFTAR
  2. Melalui loket FASTPAY terdekat

Setelah seluruh proses registrasi selesai, kami akan segera mengirimkan user name serta password loket melalui nomer ponsel dan email yang telah anda daftarkan untuk bisa anda aktivasi dengan segera.

  1. Melalui website FASTRAVEL www.fastravel.co.id Pilih menu registrasi lalu pilih menu aktivasiatau silahkan klik disini.
  2. Atau via SMS dari no hp anda yang terdaftar di FASTRAVEL

    Ketik: AKTIF*NAMA BANK*350000*ID OUTLET*PIN

    Contoh: AKTIF*MANDIRI*350000*FA887763*123456

    kirim : 0857 3032 0058 atau 0812 2889 9888 atau 0878 3839 5999

Setelah melakukan pilihan aktivasi diatas, silahkan transfer dana aktivasi sesuai respon dari sistem website kami. Jika Anda sudah mentransfer sesuai dengan nominal aktivasi yang diberikan, maka ID dan username serta password akan segera teraktivasi.

Deposit dapat di lakukan dengan sangat mudah, dengan cara mengambil no tiket deposit. Sistem pengambilan tiket deposit dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

  1. Melalui aplikasi dekstop pada menu admin => pilih bank => masukkan nominal deposit
  2. Melalui web report https://www.fastpay-bimasakti.co.id:9191 pilih menu order/ permintaan => ambil tiket deposit
  3. Atau melalui SMS dengan format :

    DEP*BANK*NOMINAL*PIN

    Contoh: DEP*BCA*1000000*123456

    (kirim : 0857 3032 0058 atau 0812 2889 9888 atau 0878 3839 5999)

Ketika permintaan tiket deposit terkirim, maka anda akan mendapatkan respon dari kami mengenai berapa nominal yang harus anda transfer.

Contoh:

"Anda mengambil tiket deposit sebesar Rp 1.000.000 via Bank Mandiri. Maka respon kami adalah sebagai berikut
yth.ABBAS (FA1234) No tiket 123 silahkan transfer 1000123 ke MANDIRI NO. 141-0021-778899 a.n ibnu sunanto
"

Dengan demikian, nominal yang harus anda transferkan adalah sebesar Rp 1.000.123 yang secara otomatis nominal tersebut akan tertambahkan kedalam saldo deposit anda dan sudah bisa anda gunakan untuk bertransaksi. Masa aktif tiket 2 jam dari waktu pengambilan tiket

Pastikan Anda mentransfer sesuai nominal tiket dan bank tujuan serta sebelum 2 jam dari waktu pengambilan tiket deposit ,kami sarankan untuk mengambil tiket deposit melalui Mandiri 24 jam dan ATM BCA 24 Jam untuk dapat melakukan deposit realtime online 24 jam full non stop

Data bank deposit FASTRAVEL
  • BANK BCA, 822-063-3579 an Ibnu Sunanto
  • BANK BNI, 22-7575-8998 an Ibnu Sunanto
  • BANK BRI, 0360-01000-279-306 an PT. Bimasakti Multi
  • BANK MANDIRI, 141-0021-778899 an Ibnu Sunanto

Jika proses aktivasi selesai maka kami akan mengirimkan staterkit berupa cd software,security dongle,spanduk,brosur dan peralatan lainya ke alamat Anda menggunakan jasa pengiriman kilat 2-5 hari kerja. Setelah mendapatkan staterkit segera install aplikasi dan lakukan deposit untuk dapat melakukan transaksi.

Peralatan yang di butuhkan hanya komputer/laptop,jaringan internet(Modem Gsm,cdma/isp lainya) dan printer untuk melalukan pencetakan struk.

Status keanggotaan FASTRAVEL selamanya dan tidak ada biaya perpanjangan ataupun biaya tambahan lainya. Serta tidak ada minimal saldo tertinggal ataupun penanaman saldo.

Staterkit akan kami kirim setelah ID dan username anda resmi teraktivasi. Adapun pengiriman akan kami lakukan via Bex / kantor POS

Starterkit akan berisi:

  1. Spanduk loket pembayaran
  2. Security dongle untuk pengaman loket anda
  3. CD program aplikasi loket
  4. Free 2 roll thermal paper(khusus loket bergerak)
  5. Biaya pengiriman free dari kami

Setelah staterkit terkirim, maka kami akan mengirimkan nomor resi pengiriman via sms. Nomor resi tersebut bisa anda gunakan untuk melakukan pemantauan kiriman paket staterkit anda.

Jika pengiriman dilakukan via POS, maka silahkan trace dan tracking nomor resi pengiriman paket melalui www.posiondonesia.co.id

Dan jika pengiriman dilakukan via BEX, maka silahkan trace dan tracking nomor resi pengiriman paket melalui www.bexindonesia.com

  1. Pada tampilan awal atau home sudah ada menu BOOKING TIKET, sudah dapat secara langsung melakukan pencarian dengan terlebih dahulu memilih rute, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang (dewasa, anak, bayi) tanpa harus memilih maskapai yang digunakan yang secara system sudah kami setting 5 (lima) maskapai populer (LION AIR, SRIWIJAYA AIR, CITILINK, GARUDA INDONESIA, AIRASIA) untuk memudahkan pencarian pada rute-rute umum/populer yang dilayani ketujuh maskapai tersebut. Pada menu pilih maskapai dapat juga dirubah /di setting sesuai kebutuhan atau disesuaikan dengan rute yang dikehendaki dan maskapai yang diinginkan.
  2. Untuk pencarian pada BOOKING TIKET ada 2 (dua) menu yaitu CARI TERMURAH dan CARI SEMUA HARGA. Untuk Kecepatan dan update data dari maskapai kami menyarankan agar mitra menggunakan searching di menu CARI SEMUA HARGA.
  3. CARI TERMURAH adalah pencarian penerbangan dengan harga termurah pada semua jam dan semua maskapai, secara system harga yang termurah yang ada pada saat itu dan akan ditampilkan pada jam awal keberangkatan hingga penerbangan terakhir (lass filght). Menu pencarian ini sangat efektif dan efisien untuk memberikan informasi ke calon penumpang yang melakukan reservasi via telpon yang membutuhkan respon dan informasi cepat.
  4. CARI SEMUA HARGA adalah pencarian penerbangan secara detil dari semua maskapai dari harga termurah hingga harga bisnis, semua kelas dan semua jam penerbangan. Informasi detil sangat diperlukan apabila calon penumpang sudah memutuskan untuk menggunakan maskapai yang diinginkan dan dapat juga mengetahui secara detil penerbangan transit baik kota transit, jam keberangkatan dan jam connecting maupun nomer pesawat yang digunakan (no flight operation).
  5. Hasil pencarian baik CARI TERMURAH maupun CARI SEMUA HARGA akan tampil harga setiap maskapai, untuk maskapai SRIWIJAYA AIR, MERPATI, SKY AVIATION, TRANSNUSA harga yang keluar/muncul adalah harga jual, harga yang sudah termasuk tax maupun iwjr dan langsung dapat diinformasikan ke calon penumpang, sedangkan untuk maskapai CITILINK, AIRASIA, MANDALA TIGER, muncul harga dan bukan merupakan harga jual, untuk melihat harga jual pada CARI TERMURAH dapat di klik di PESAN, dan untuk CARI SEMUA HARGA di klik CEK HARGA. Ada 4 (empat) maskapai yaitu LION AIR, GARUDA INDONESIA, KALSTAR dan TRIGANA AIR yang tidak menampilkan harga baik di pencarian CARI TERMURAH maupun CARI SEMUA HARGA, untuk melihat harga di haruskan klik menu cek harga.
  6. Untuk melakukan booking pastikan apabila sudah menemukan penerbangan yang diinginkan langkah selanjutnya adalah mengisi data calon penumpang sesuai dengan identitas yang berlaku, dan pastikan semua field isian sudah dilengkapi. Masing-masing maskapai mempunyai field atau isian data calon penumpang yang diperlukan berbeda-beda, dan field isian data dari masing-masing maskapai harus dilengkapi.
  7. Langkah selanjutnya adalah proses booking, akan ada notifikasi / pop up untuk krosschek data penumpang, tinggal pilih lanjutkan apabila sudah benar, dan pilih kembali apabila masih ada yang salah atau kurang.
  8. DILARANG KERAS melakukan booking fiktif dengan menggunakan nama fiktif, nama-nama aneh atau huruf acak yang tidak jelas, jika kami temukan bookingan yang menggunakan nama fiktif, yang dianggap tidak sesuai oleh maskapai, maka kepada pengguna aplikasi yang melakukan booking tersebut akan kami berikan SANKSI TEGAS berupa PEMUTUSAN layanan aplikasi FASTFLIGHT.
  9. Ada layanan tambahan di aplikasi FASTFLIGHT yaitu sms detil perjalanan, harga, dan time limit ke penumpang, menu ini dapat ditemukan setelah berhasil booking, klik menu SMS secara otomatis calon penumpang akan mendapat sms ke nomer hp yang diinputkan pada waktu reservasi. Layanan selanjutnya adalah terdapat data penumpang yang isinya data semua penumpang (nama, nomer telpon, no ktp, tgl dll) yang pernah melakukan reservasi. Fungsinya adalah untuk memudahkan reservasi dengan nama yang sama yang sebelumnya pernah reservasi dengan mengambil pada menu CARI dan pilih nama yang ada di list data penumpang, secara otomatis nama tersebut akan masuk ke field data isian tanpa harus mengetik secara manual.
  10. Setelah berhasil booking, akan keluar dihalaman selanjutnya berisi keterangan jadwal penerbangan nama, kode booking, harga dan batas waktu pembayaran (time limit). Perhatikan time limit dan catat kode booking. Lakukan pembayaran sebelum time limit, maksimal 30 menit sebelum time limit. Untuk reservasi yang melewati time limit akan akan tercancel by system maskapai dan tidak dapat diproses untuk pembayaran. Untuk data reservasi yang masih aktif (belum tercancel time limit) akan tersimpan di aplikasi dan dapat di retrieve/ditarik kembali pada menu DATABOOKING SAYA baik berdasarkan tanggal reservasi (pastikan memperhatikan tanggal booking untuk tarik datanya) atau memasukkan kode booking maskapai, kemudian klik menu CARI dan langkah selanjutnya adalah mitra dapat memproses BAYAR atau hanya cetak reservasi dan SMS saja.
  11. Pada tahap pembayaran / issued, ada menu opsi tambahan asuransi perjalanan yang sekalian dapat dibeli dengan menyertakan atau mencontreng field TAMBAHKAN ASURANSI PERJALANAN, secara otomatis setelah selesai proses bayar/issued, struk (dapat juga digunakan sebagai invoice), etiket, dan sertifikat asuransi dapat langsung di print/cetak dari aplikasi FASTFLIGHT.
  12. Khusus untuk AirAsia, untuk booking dapat dilakukan 24 jam sebelum keberangkatan, apabila kurang atau sudah masuk 24 jam sebelum keberangkatan, reservasi atau transaksi secara otomatis akan di tolak.

Komisi Fastravel berjenjang sesuai dengan paket yang Anda pilih,perbedaan komisi terletak pada transaksi reservasi tiket pesawat.

  1. Setelah Anda issued Tiket pesawat, kunjungi web report pada menu laporan => Komisi tiket pesawat
  2. Dalam menu tersebut terdapat field:
    NTA/nett to agent contoh : Rp 450.000
    Nominal contoh : Rp 500.000
  3. Komisi sesuai level Id outlet Anda
    SILVER mendapatkan komisi 50%
    dengan penghitungan adalah = 50% x (Nominal-NTA)
    =50% x (500.000-450.000) komisi Anda; Rp 25.000

    GOLD mendapatkan komisi 70%
    dengan penghitungan adalah = 70% x (Nominal-NTA)
    =70% x (500.000-450.000) komisi Anda; Rp 35.000

Komisi keseluruhan dapat di cek secara realtime online melalui aplikasi dekstop menu admin=>komisi atau via web report menu laporan=>Bonus/komisi

Komisi secara sistematis akan di cairkan ke saldo deposit Anda pada tanggal 01-03 tiap bulannya dan dapat di cairkan ke dalam rekening Anda

  1. Harga Jual tiket pesawat di FASTFLIGHT semua maskapai sudah termasuk komisi untuk mitra. Apabila mitra menginginkan tambahan komisi, aplikasi FASTFLIGHT menyediakan menu untuk penambahan komisi yang member bisa memasukkan nominal yang yang dikehendaki akan tetapi nominal tersebut tidak semuanya masuk ke mitra, ada pembagian/sharing ke fastflight sebesar 15% untuk service fee jadi yang tambahan fee yang masuk ke mitra adalah 85 %.
  2. Cara menambahkan komisi untuk mitra adalah cari menu ADMINISTRASI setelah masuk ke menu tersebut pilih SETTING FEE PESAWAT, terdapat kolom-kolom untuk masing-masing maskapai. mitra bisa memasukkan nominal untuk penambahan komisi pada masing-masing maskapai, seluruh atau sebagian dengan nominal yang dikehendaki kemudian pilih simpan agar setting fee pesawat yang secara otomatis akan menambahkan ke harga jual tiket pesawat.
  3. Nominal yang di tambahkan di SETTING FEE PESAWAT akan muncul di struk FASTFLIGHT dengan keterangan BOOKING FEE. Dengan keterangan tersebut sangat umum dilakukan oleh biro perjalanan/travel agent sebagai biaya untuk jasa pemesanan tiket.

Saldo deposit FASTRAVEL di pastikan aman dengan security dongle di sisi aplikasi yang tidak mungkin di pergunakan oleh pihak lain. Serta security sistem yang berlapis dan sistem berlapis berstandar perbankan

Untuk FASTPAY desktop bisa disupport oleh semua printer yang umum digunakan masyarakat modern saat ini. Baik yang type inkjet, laser, thermal, maupun yang dot matrix.

  1. Untuk pembayaran bisa dilakukan secara LANGSUNG melalui sistem aplikasi FASTFLIGHT, jadi setelah booking/reservasi apabila sudah benar semua data dan rencana perjalanannya, maka bisa langsung klik BAYAR, tetapi terlebih dahulu mengisi pin member pada kolom isian pin dan pastikan saldo yang ada yang mencukupi untuk pembayaran tiket.
  2. Apabila sudah booking dapat dicari di menu DATA BOOKING SAYA, untuk tarik data reservasi berdasarkan tanggal reservasi atau memasukkan kode booking maskapai. Setelah itu akan muncul data reservasi secara detail (nama, rute, tgl, jam, harga jual dan komisi) setelah itu klik/select ke menu BAYAR, tetapi terlebih dahulu mengisi pin member pada kolom isian pin dan pastikan saldo yang ada mencukupi untuk pembayaran tiket. Pada tahap pembayaran / issued, ada menu opsi tambahan asuransi perjalanan yang sekalian dapat dibeli dengan menyertakan atau mencontreng field TAMBAHKAN ASURANSI PERJALANAN, secara otomatis setelah selesai proses bayar/issued, struk (dapat juga digunakan sebagai invoice), etiket, dan sertifikat asuransi dapat langsung di print/cetak dari aplikasi FASTFLIGHT.
  1. FASTFLIGHT akan mengeluarkan struk dan e-tiket (elektronik tiket resmi standar maskapai) setelah berhasil pembayaran, dan calon penumpang dapat notifikasi via SMS dari FASTFLIGHT yang berisi data penerbangan dan konfirmasi bahwa pembelian tiket telah berhasil. Mitra bisa mnggunakan struk sebagai bukti pemabayara (invoice) mencetak e-tiket untuk diberikan ke calon penumpang atau bisa juga hanya menggunakan SMS notifikasi dari FASTFLIGHT (calon penumpang secara otomatis mendapat SMS dari FASTFLIGHT ketika issued berhasil), dengan menunjukkan SMS tersebut ke counter maskapai di bandara untuk mendapatkan e-tiket apabila calon penumpang diluar kota.
  2. Data e-tiket akan tersimpan di FASTFLIGHT untuk beberapa hari, apabila data e-tiket sudah tidak ada, maka mitra bisa download e-tiket melalui web report https://www.fpkita.net:9191/index.php
  1. Untuk melakukan perubahan jadwal harus dilakukan ke maskapai langsung dan tidak bisa dilakukan di system aplikasi FASTFLIGHT. Mitra atau calon penumpang dapat melakukan perubahan jadwal penerbangan dengan menghubungi langsung pihak maskapai melalui Call Centre:

    • Mandala Tigerair: 021-2939-6688
    • Merpati Airlines: 0804-1-621-621
    • Lion Air (Group): 0804-1-77-88-99/(+6221) 6379-8000
    • AirAsia: 021-2927-0999
    • Citilink: 0804-1-08-08-08
    • Sriwijaya Air: 0804-1-777-777-2
    • Garuda: 0804-1-807-807/(+6221) 2351-9999)
    • TransNusa: (+62380) 822-555
    • SKY Aviation: (+6221) 330-555-09
    • xpressair : 500890
    • KALSTAR Aviation: (+6221) 2934-3456
    • Trigana Air: (+6221) 3483-3942
  2. Jika sudah melakukan perubahan jadwal dan setuju dengan biaya-biaya (jika ada) dari maskapai maka mitra atau calon penumpang dapat membayar kekurangan atau biaya-biaya reschedule (jika ada) dapat dibayar dikantor sales/penjualan (city counter) dan counter maskapai di bandara atau dapat juga dilakukan pada waktu chek-in, 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan. Pastikan dikonfirmasikan terlebih dahulu ke maskapai untuk metode pembayarannya, karena kebijakan masing-masing maskapai berbeda.

Demi kenyamanan dan pelayanan maksimal kepada seluruh member FASTRAVEL, pengajuan cancel refund tiket pesawat dapat langsung dilakukan melalui LAYANAN MEMBER yaitu dimenu Member Area.

Cukup dengan klik member are setelah itu akan masuk ke Web Report, lalu pilih menu Pesawat >> pilih Pengajuan Refund. Isikan data sesuai dengan form yang tersedia.

Ketentuan Proses Cancel Refund, sebagai berikut :

  • Maskapai yang dapat diproses refund adalah GARUDA INDONESIA, LION AIR, WINGS AIR, BATIK AIR, SRIWIJAYA AIR, MERPATI, KALSTAR AVIATION, SKY AVIATION, TRANSNUSA, TRIGANA AIR, EXPRESS AIR.
  • Maskapai yang tidak dapat diproses refund adalah AIRASIA, CITILINK, MANDALA TIGER. Maskapai-maskapai tersebut tidak memperbolehkan refund untuk alasan apapun termasuk kompensasi akan segala jenis kehilangan atau ketinggalan pesawat. Hal Ini diterapkan karena perusahaan berfokus kepada penekanan biaya penerbangan agar tetap rendah dan terjangkau.

NB: Seluruh Maskapai dapat memberikan Refund 100% atau pengembalian penuh oleh maskapai hanya dapat terjadi berdasarkan pembatalan sepihak oleh maskapai. Proses refund tidak dikenakan biaya apapun dari FASTFLIGHT. Pihak Maskapai berhak melakukan pengubahan jadwal penerbangan atau membatalkan penerbangan jika dianggap perlu demi alasan keselamatan dan teknis.

  1. Accompanied: Ketika menggunakan harga anak & bayi, harus ditemani oleh orang dewasa yang membayar penuh sesuai tarif yang berlaku
  2. Adult: Sesorang yang telah berusia di atas 12 tahun
  3. Baggage Tag: Sebuah dokumen yang diterbitkan oleh suatu perusahaan penerbangan untuk memberi tanda dari bagasi penumpang. Juga untuk memberi tanda tertentu (apakah benda tersebut termasuk dalam kategori benda pecah belah) dari bagasi tersebut. Diberi nomor, sesuai dengan nomor yang ditempelkan pada tiket penumpang
  4. Boarding Pass: Kartu yang diberikan kepada penumpang sebelum naik pesawat, Penumpang yang memegang boarding pass berarti proses check-in telah selesai dilakukan dan siap untuk naik pesawat sesuai dengan kelas, kompartemen dan nomor tempat duduk
  5. Booking: Proses pemesanan dan pembelian tiket
  6. Child: Seseorang yang telah berusia dua tahun sampai dengan dua belas tahun
  7. Destination: Kota tujuan terakhir, biasanya yang paling jauh yang dikunjungi oleh penumpang
  8. Direct Flight: Penerbangan antara dua kota yang akan dikunjungi, tanpa harus melakukan suatu pemberhentian diantara kedua kota tersebut
  9. Fare: Jumlah biaya yang dibebankan oleh pengangkut bagi penumpang dan barang bawaannya yang diterbitkan secara umum kepada publik berdasrkan jenis kelas yang tertera
  10. Go-show: Penumpang yang belum memiliki pembukuan sebelumnya dan bermaksud untuk pergi menggunakan pesawat dengan datang langsung ke bandara
  11. Infant: Seseorang yang berusia 0-24 bulan
  12. No-show: Penupang yang telah memiliki pembukuan dalam sebuah penerbangan yang tidak menggunakan pelayanan yang telah dipesannya atau kehilangan penerbangan lanjutannya
  13. Passenger: Setiap orang kecuali awak kabin penerbangan yang diangkut dalam sebuah penerbangan
  14. Ticketing time limit: Batas waktu dimana penumpang harus mengkonfirmasikan pemesanan ticketnya pada airline yang bersangkutan
  15. Transit: Penerbangan antara dua kota yang akan dikunjungi dengan singgah terlebih dahulu di satu atau lebih kota sebelum akhir/Destination
  16. Kode Alfabet: Berikut adalah istilah alfabet yang sering dipakai dalam dunia penerbangan, seperti contoh penyebutan kode booking maskapai. Contoh: XF6YPA, lafal penyebutannya adalah: "Xray Fanta 'Angka 6' Yankee Papa Alpha"
    A: Alpha
    B: Bravo
    C: Charlie
    D: Delta
    E: Echo
    F: Fanta
    G: Golf
    H: Hotel
    I: India
    J: Juliet
    K: Kilo
    L: Lima/London
    M: Mama
    N: November/Nancy
    O: Oscar
    P: Papa
    Q: Queen/Quebec
    R: Romeo
    S: Sierra
    T: Tango
    U: Ultra/Uniform
    V: Victor
    W: Whiskey
    X: X-Ray
    Y: Yankee
    Z: Zulu
  17. Kode Penerbangan
    1. Garuda Indonesia : GA / GIA
    2. Lion Air : JT / LNI
    3. Indonesia Air Asia : QZ / AWQ.
    4. Sriwijaya Air : SJ / SJY
    5. Citilink : QG / CTV
    6. Merpati Airlines : MZ / MNA
    7. Batik Air : ID / BTK
    8. TRIGANA Air : TN / 3R
    9. Mandala Tigerair : RI / MDL
    10. KALSTAR Aviation : KP / KLS
    11. Wings Air : IW / WON
    12. Xpress Air : XN / XAR
  18. Kode (Letter Code) Bandara Indonesia:
    BTJ = Banda Aceh
    KNO = Kualanamu
    PDG = Padang
    PKU = Pekanbaru
    BTH = Batam
    PLM = Palembang
    DJB = Jambi
    TKG = Bandar Lampung
    BKS = Bengkulu
    PGK = Pangkal Pinang
    TJQ = Tanjung Pandan
    CGK = Jakarta
    HLP: Jakarta/Halim
    BDO = Bandung
    SRG = Semarang
    JOG = Jogyakarta
    JOG = Jogyakarta
    SUB = Surabaya
    MLG = Malang
    BWI = Banyuwangi
    DPS = Denpasar
    LOP = Lombok
    BMU = Bima
    KOE = Kupang
    PNK = Pontianak
    PKY = Palangkaraya
    SRI = Samarinda
    BDJ = Banjarmasin
    BPN = Balikpapan
    PKN = Pangkalan Bun
    SMQ = Sampit
    TRK = Tarakan
    BEJ = Berau
    BXT = Bontang
    NNX = Nunukan
    MDC = Manado
    GTO = Gorontalo
    KDI = Kendari
    PLW = Palu
    UPG = Makassar
    AMQ = Ambon
    TTE = Ternate
    BIK = Biak
    MKQ = Marauke
    TIM = Timika
    DJJ = Jayapura
    SOQ = Sorong

KANTOR PUSAT


  • PT. BIMASAKTI MULTI SINERGI
    Jl. Delta Raya Utara Kav 49-51 Deltasari Baru, Waru Sidoarjo, Jawa Timur 61256

  •  0813 857 857 99 (call only)

  •  marketing@fastravel.co.id

CERTIFIED BY




FOLLOW US